Sabtu, 28 Mei 2011

Wisata Wilayah Kabupaten Gayo Lues

Gayo Lues juga terkenal dengan nama "Negeri Seribu Bukit" karena memang terletak di gugusan gunung Bukit Barisan. Blang Kejeren adalah Ibukota Kabupaten ini. Alamat Lokasi : Pemerintah Daerah Kabupaten Gayo Lues: Jl. Titi Penampaan No.1. Blang Kejeren. Kabupaten Gayo Lues. Kabupaten Gayo Lues adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) dan merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Tenggara dan berdiri dengan Dasar Hukum UU No.4 Tahun 2002 pada tanggal 10 April 2002. Kabupaten ini berada di gugusan pegunungan Bukit Barisan, sebagian besar wilayahnya merupakan area Taman Nasional Gunung Leuser yang telah dicanangkan sebagai warisan dunia. Mayoritas penduduk Gayo Lues adalah berasal dari etnik Gayo. Bermukim pula di sana warga dari suku Aceh, Alas, dan Batak. 


Cara Menuju Lokasi : Jarak tempuh dari Kota Banda Aceh sekitar 12 jam perjalanan dengan transportasi bus umum ataupun kendaraan pribadi. 

Tari Saman
Tari Saman adalah salah satu tarian daerah Aceh yang paling terkenal saat ini. Tarian ini berasal dari suku Gayo, dan ditarikan oleh para pria. Alamat Lokasi : Biasanya diselenggarakan digedung kesenian, ataupun di tempat-tempat tertentu jika ada perayaan kesenian, untuk keterangan lebih lanjut silahkan hubungi Dinas Pariwisata Kabupaten Gayo Lues. Syair dalam tarian Saman mempergunakan bahasa Arab dan bahasa Gayo. Pada masa lalu, Tari Saman biasanya ditampilkan untuk merayakan peristiwa - peristiwa penting dalam adat dan masyarakat Aceh. Selain itu biasanya tarian ini juga ditampilkan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Nama tarian "Saman" diperoleh dari salah satu ulama besar Aceh, Syech Saman. Tari Saman biasanya ditampilkan tidak menggunakan iringan alat musik, akan tetapi menggunakan suara dari para penari dan tepuk tangan mereka yang biasanya dikombinasikan dengan memukul dada dan pangkal paha mereka sebagai sinkronisasi dan menghempaskan badan ke berbagai arah. Tarian ini dipandu oleh seorang pemimpin yang lazimnya disebut Syech. Karena keseragaman formasi dan ketepatan waktu adalah suatu keharusan dalam menampilkan tarian ini, maka para penari dituntut untuk memiliki konsentrasi yang tinggi dan latihan yang serius agar dapat tampil dengan sempurna. Tarian ini khususnya ditarikan oleh para pria. 

Cara Menuju Lokasi : Tergantung tempat diselenggarakan acara, biasanya dilaksanakan di gedung kesenian ataupun dalam acara-acara tertentu. 

Tari Bines
Tari Bines merupakan tarian khas Gayo, yang bermula dari Daerah Gayo Lues. Alamat Lokasi : Biasanya diselenggarakan digedung kesenian, ataupun di tempat-tempat tertentu jika ada perayaan kesenian, untuk keterangan lebih lanjut silahkan hubungi Dinas Pariwisata Kabupaten Gayo Lues. Tari Bines ditarikan oleh para wanita dengan cara duduk berjajar sambil menyanyikan syair yang berisikan dakwah atau informasi pembangunan. Para penari melakukan gerakan dg perlahan kemudian berangsur-angsur menjadi cepat dan akhirnya berhenti seketika secara serentak. 

Cara Menuju Lokasi : Tergantung tempat diselenggarakan acara, biasanya dilaksanakan di gedung kesenian.

Pacuan Kuda Tradisional
Pacuan Kuda merupakan salah satu atraksi menarik dari kebudayaan ditanah Gayo, salah satunya di Kabupaten Gayo Lues ini. Alamat Lokasi : Tergantung dari setiap acara yg diselenggarakan, biasanya diadakan dilapangan terbuka. Info lebih lanjut hubungi Dinas Pariwisata Kabupaten Gayo Lues. Atraksi Pacuan Kuda Tradisional ini benar-benar teramat tradisional sekali, antara lain: kuda yang tidak dilengkapi pelana, Joki yang tidak menggunakan alas kaki, dan tidak menggunakan pelindung kaki, serta pakaian joki pun seadanya. Para Joki ini biasanya para remaja, dan mereka tidak pernah berlatih secara rutin untuk menunggang kuda. 

Cara Menuju Lokasi : Tergantung dimana diselenggarakan acara ini, untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Dinas Pariwisata Kabupaten Gayo Lues.

Pemandian Air Panas Gumpang
Objek wisata ini merupakan tempat pemandian air panas alami yang ada didaerah ini. Alamat Lokasi : Jarak tempuh sekitar 60 km dari Kota Blangkejeren (Ibukota Kabupaten). Pemandian air panas alami ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat sebagai sarana rekreasi keluarga. 

Cara Menuju Lokasi : Bisa menggunakan mobil, ataupun sepeda motor.                                                                                                

Air Terjun Akang Siwah
Air Terjun ini masih sangat alami dan indah, memiliki 3 tingkatan, yaitu 8 m, 14 m, paling tinggi 80 meter. Alamat Lokasi : Jarak tempuh sekitar 6 km dari Kota Blangkejeren. Objek wisata ini merupakan wisata alam/ekowisata yg mempesona, dan masih sangat alami, cocok bagi yang menginginkan ketenangan dan merasakan kesejukan udara disini.

Cara Menuju Lokasi : Bisa menggunakan mobil, atau sepeda motor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar